Selasa, 18 April 2017

Apa Itu Wicca?

Puji Ilahi Agung, Bapa Angkasa,
Ilahi Mulia, Ibu Bumi...


Pada kesempatan kali ini, aku akan mengadakan sesi tanya-jawab seputar Wicca dan Witchcraft. Pertanyaan-pertanyaan yang ada di bawah nanti adalah pertanyaan-pertanyaan yang mungkin ada dalam benak kalian. Baiklah, mari kita mulai saja sesi ini.

Q: Sejak kapan mengenal Wicca dan/atau Witchcraft?

A: Aku mengenal Wicca sekitar pertengahan tahun 2014. Tapi, waktu itu baru mengenal Wicca aja, kalau untuk Witchcraft-nya sekitar tahun 2016.


Q: Apa ada teman atau keluarga yang tahu kalau kamu seorang Wiccan atau Penyihir?

A: Awal-awalnya aku nggak ada ngomong ke orang-orang, terutama keluarga, jadi nggak ada yang tahu. Tapi kalau sekarang aku sudah terbuka, dan mereka bisa menerima.

Q: Kenapa kamu bisa tertarik dengan Wicca yang notabene adalah agama berhala?

A: Kebetelun aku bukan orang yang terlalu religius yang lantas memberhalakan agama lainnya. Menurutku, tidak ada satu orang dari agama apapun yang ingin mendengar agamanya disebut agama berhala. Dan, kenapa aku bisa tertarik sama Wicca? Because it feels right in my soul, so I get in and live on it.


Q: Ini pertanyaan paling dasar yang harus ditanyakan kepada praktisi Wicca: Siapa Deities yang kamu pilih?

A: Aku bukan orang yang hanya fokus pada satu Deity saja, aku menganut konsep Dualitas (Sang Hyang Ibu Pertiwi dan Sang Hyang Bapa Angkasa), Dewi Tiga Aspek "Perawan-Ibu-Nenek"(Aradia-Pertiwi-Kali), dan Bunda Ilahi (Durga Adi Shakti).


Edit: Tapi untuk saat ini aku fokus pada dualitas, cahaya dan kegelapan, Diana dan Hecate (Desember, 2018).

Q: Menurut kamu apa itu Wicca? Beda nggak sama Witchcraft?


A: Kalau mengacu pada terminologiku, Wicca adalah agama Neo-Pagan yang berangkat dari British Traditional Witchcraft "Sihir Tradisional Britania Raya" yang diciptakan oleh Gerald Gardner. Penganut Wicca disebut Wiccan. Sedangkan Witchcraft adalah nama lain dari Wicca itu sendiri, disebut demikian karena para praktisi Wiccan memraktikkan ilmu sihir. Karena itulah, seorang Wiccan juga menyebut diri mereka dengan Witch atau Penyihir. Akan tetapi, seorang Penyihir belum tentu beragama Wicca atau seorang Wiccan, tapi seorang Wiccan pasti Penyihir, karena mereka memraktikkan sihir. 

Meskipun Wicca dan Witchcraft memiliki beberapa kesamaan, namun ada perbedaan yang mendasar. Jika seorang Penyihir murni (non-Wiccan) ditanya apa agama mereka, mereka akan menjawab "Witchcraft", sedangkan Penyihir Wiccan akan menjawab "Wicca" adalah agama mereka. Ada perbedaan lainnya di mana Wicca memiliki aturan-aturan yang harus diikuti oleh penganutnya, seperti Rede dan Hukum Tiga Kali Lipat. Untuk agama Witchcraft, beberapa penganutnya tidak memiliki aturan-aturan yang tetap dan tiap-tiap kelompok memiliki tradisinya masing-masing, sedangkan penganut lainnya mengikuti Rede dan Hukum Tiga Kali Lipat yang ada dalam Wicca.


Q: Mantra apa yang pertama kali kamu kuasai?

A: Mantra pertama yang kukuasai itu mantra mengirim mimpi buruk untuk orang yang sudah nyakitin perasaanku (jiahh malah curcol). Dan setelah itu, aku tidak melakukannya lagi, karena mantranya berbalik kepadaku.

Edit: Aku sudah merangkul sisi gelap dalam diriku dan menyatukannya dengan sisi terang, jadi untuk sekarang tidak masalah bagiku melakukan mantra yang "sedikit" berbahaya (Desember, 2018).

Q: Katanya Wiccan atau Penyihir itu punya Familiar, apa sih Familiarmu? Terus gimana sih cara punya Familiar?


A: Hmm, Familiarku itu ular, angsa, merak, dan burung hantu. Mereka yang aku ciptakan dengan energiku sendiri. Mereka bukan familiar yang berwujud yaaa, jadi nggak bisa dilihat alias "Familiar Spirit". Untuk menciptakan Familiar, cek aja postinganku yang ini.

Q: Punya indra ke-6?


A: Wah, aku pengen banget punya indra ke-6, biar bisa liat Familiarku, hehehe...


Q: Ada nggak sih mantra biar cepet dapat pacar?


A: Waduh! Jujur aja sih, aku nggak punya mantra cinta atau mantra pemikat yang spesifik. Tapi kalau mantra untuk memercepat datangnya pacar ada, cek aja di sini. Good luck!

Q: Sihir kamu itu, sihir hitam apa putih sih?


A: Sihir yang sebenarnya itu nggak mengenal sihir hitam ataupun putih (apalagi abu-abu), semua tergantung kepada setiap individu. Aku nggak bisa judge "oh, sihirku putih" atau "hmm, sihirku hitam". Nggak ada Penyihir yang memraktikkan sihir yang benar-benar hitam atau putih seutuhnya. Menurut pendapatku, kalau sihir itu digunakan untuk melukai atau kepentingan ego pribadi, maka itu bisa dikatakan sihir hitam, sedangkan sihir yang digunakan untuk perlindungan, penyembuhan, dll, itu bisa dikatakan sihir putih. Semuanya terserah pada pribadi masing-masing, mau dibawa ke manakah kekuatan kita.

Q: Darimana kamu dapatkan mantra-mantramu?


A: Beberapa aku dapat dari internet, lalu aku terjemahkan ke bahasa Indonesia. Tapi sebagian besar aku buat sendiri. Aku punya mantra dalam banyak bahasa. Dari Inggris, Indonesia, Latin, dan Jawa Kuno (Kawi).

Q: Kamu atau lebih tepatnya para Wiccan itu punya ibadah khusus nggak sih?


A:  Punya. Berhubung aku Solitary Witch alias Penyihir Rumahan, maka aku membuat ibadah yang aku khususkan untuk diriku sendiri. Pola ibadah yang aku lakukan sebagai Solitary Witch bisa dilihat di sini. Kalau kamu Wiccan, aku sarankan kamu harus punya ibadah khusus untuk membaktikan diri pada Dewa-dewi yang kamu puja.

Q: Biasanya, penyihir itu punya kemampuan khusus kayak penyembuhan, meramal, cenayang, dsb, kalau boleh tahu kemampuanmu apa?


A: Kalau sengaja meramal aku kurang mumpuni, tapi kalau mendapatkan Prophetic Dream aku sering. Kalau penyembuhan, aku lumayan mumpuni. Dan aku suka itu! Hehehe... Menurutku penyembuhan itu penting untuk dikuasai,,, Tapi, aku juga berharap bisa meramal atau jadi cenayang.

Q: Apa sih hebatnya gabung di coven?


A: Well, your magick would be stronger if you work together in the circle.

Q: Mungkin nggak sih penyhir bisa mengendalikan elemen kayak air, api, bumi, udara?


A: Sulit dikatakan dengan pasti, because you know, magick works mysteriously. But, it is possible.

Q: Aku masih bingung nih sebenarnya siapa deities yang harus aku puja?


A: I know how you feel. Aku juga pernah merasa seperti itu, tapi seiring berjalannya waktu, kamu bakal menemukannya atau Dia yang akan menemukanmu. Untuk saat ini, nikmati aja prosesnya. Good luck!

Q: Gini, aku punya temen dan dia selalu buli temenku yang lain, kira-kira gimana ya caranya biar si tukang buli itu nggak buli temenku lagi? kasian soalnya.


A: Saranku, kamu bisa menggunakan Mantra Pengikat (Binding Spell). Mantra Pengikat ada banyak macamnya, kalau kamu merasa perlu melakukan itu, silakan cek Mantra Pengikat.

Q: Aku baru buat Buku Bayangan, kira-kira ada ritual tertentu buat memberkati atau melindungi gitu?


A: Biasanya, hal pertama yang dilakukan para Wiccan atau penyihir pada Buku Bayangan mereka adalah melakukan ritual pemberkatan. Pemberkatan ini bertujuan untuk melindungi Buku Bayangan dari non-Wiccan, selain itu pemberkatan juga berguna untuk menjadikan setiap tulisan yang kamu masukkan di dalamnya akan berguna sebagai pembimbingmu. Kebetulan aku punya Mantra Pemberkatan Buku Bayangan.


Q: Dalam Wicca tuh ada nggak sih semacam kayak doa sebelum makan, sebelum mandi, dll gitu? 

A: Kalau Wicca sendiri tidak punya. Tapi, biasanya masing-masing Wiccan akan membuat doa mereka sendiri. Aku pribadi juga membuat doaku sendiri, kamu bisa baca di sini untuk inspirasi.

Q: Kamu bisa baca tarot?

A: Bisa, tapi nggak jago-jago amat. Dasar-dasar aja. Ini contoh hasil divinasiku pakai kartu Tarot.

Q: Kalian para Wiccan percaya Tuhan nggak sih?

A: Sejauh yang aku tahu, kebanyakan Wiccan percaya Tuhan dalam manifestasi (Dewa atau Dewi, The One, Ancient One, Semesta). Dan, aku pribadi juga percaya (untuk tau seperti apa konsep Tuhan menurutku, cek di sini). Jika kamu bertanya pada Witch, maka jawabannya akan berbeda. 

Tidak semua Witch itu percaya Tuhan, karena ada beberapa yang mengatakan diri mereka (maaf) atheis. Witch pun ada yang memuja Satan (sebutannya Satanic Witch), ada pula yang memuja Dewa-dewi (Paganic Witch: Hellenic, Kemetic, dll), ada yang memuja leluhur (Shamanic Witch). Bedanya Wiccan dan Witch adalah, Wiccan sudah pasti Witch (karena mempraktikkan Witchcraft) sedangkan Witch belum tentu seorang Wiccan (karena tidak mengikuti Rede).

Q: Apa sih bedanya Invocation sama Evocation? Sumpah, aku masih susah bedainnya..

A: Sebenarnya kamu bisa cari di google, tapi kalau kamu tanya pandangan pribadiku, kamu bisa cek di sini.

Q: Amulet itu apaan ya?

A: Amulet adalah objek yang dimantrai atau didoakan sedemikian rupa dengan tujuan untuk proteksi. Selengkapnya cek di sini.


Puji Ilahi Agung, Bapa Angkasa, Ilahi Mulia, Ibu Bumi...

9 komentar:

  1. apakah seorang katolik bisa menjadi wicca sekaligus ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merry meet...

      Sebenarnya bisa saja. Karena Wicca ini jalan spiritual, kamu tidak perlu meninggalkan agama kamu. Di luar negeri sana, banyak juga Wiccan yang pada dasarnya beraga Kristen/Katholik.. Saya juga punya teman yang Katholik, dan dia dulunya juga Wiccan, terus berganti ke Hoodoo dan Voodoo, Kabblah, pindah ke Chinese Folk Magic, dan sekarang Quacker.

      Hapus
  2. Apakah sesorang yang sejak kecil sangat sensitif dan sering mengalami astra projection bisa menjadi seorang wicca ? ataukah memang sudah ada bakat ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merry meet...

      Menjadi Wicca tidak didasarkan pada apakah kita punya bakat supranatural atau tidak, tapi berdasarkan pada cinta dan pengabdian kepada alam... Jadi, orang yang nggak punya bakat supranatural bisa menjadi Wicca, yang punya bakat supranatural juga bisa... Tidak ada batasan, asal orang tersebut memang sudah terpanggil--bukan karena ingin ikut-ikutan atau penasaran.

      Hapus
  3. Salam kak

    Aku mau nanya
    Aku Penganut Ajaran tengrisme yang mengenal bapa langit(Tengri) dan Ibu Bumi dan kelahiran(umai)
    Menurut kakak ada persamaan gak?, antara tengrisme dengan Wicca? (pastinya gak semua sih)
    Mohon maaf mengganggu 🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konsep Bapa Angkasa dan Ibu Bumi itu konsep yang hampir ada di banyak mitologi. Di jawa ada, di mitologi Hindu ada, di Yunani-Romawi juga ada. Tapi untuk Wicca, mereka punya konsep keilahian yang berbeda, mereka punya Triple Goddess dan Horned God. Baik Triple Goddess dan Horned God, keduanya punya banyak perwujudan yang masing-masing sebagai representasi langit, bumi, dan alam bawah.

      Contoh Triple Goddess:
      Luna/Selene di langit.
      Artemis di bumi.
      Hekate di alam bawah.
      Ketiganya itu dianggap satu sosok yang sama yang dipanggil The Goddess atau Our Lady, Our Mother.

      Contoh Horned God:
      Apollo/Helios, Zeus/Jupiter, Lugh, dll di langit.
      Pan/Faunus, Dionysus/Baccus, dll di bumi.
      Cernunnos di alam bawah.
      Ketiganya adalah sosok yang sama yang dipanggil The God, Our Lord, atau Our Father.

      Hapus
  4. Halo
    Mau tanya, jika saya tertarik dan ingin bergabung, gimana lanhkah awalnya.
    Apa kamu punya grup wa atau semacamnya buat kita konseling

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merry meet...

      Kalau mau sharing sama saya pribadi bisa melalui fp Biara Wicca atau melalui fb "Ali Nawzia".
      Untuk grup fb, silakan bergabung di Wiccan Indonesia.

      Hapus

Postingan Populer